Dau Desain
Cara Praktis Meningkat Rumah PDF Print E-mail

Ketika kita berniat untuk meningkat rumah, dari satu lantai menjadi dua lantai ada beberapa cara praktis untuk mengedak. Cara pertama dapat menggunakan cara cor konvensional, cara kedua dak (pelat lantai) dapat dibuat dengan beragam material seperti panel beton pracetak dan bahan baja lembaran.

Mengembangkan rumah secara horizontal mudah dilakukan bila kita memiliki lahan yang cukup memadai. Namun, jika lahan rmah yang kita miliki sudah tidak ada lagi, maka yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan rumah secara vertical yaitu meningkat rumah.

Meningkat rumah berarti membuat dak (pelat lantai), yang mutlak dilakukan karena ia adalah pijakan orang ketika berada dilantai atas. Secara structural, pelat lantai ini memrima beban dari benda-benda di atasnya kemudian disalurkan ke balok dan kolom. Dari kolom ini beban kemudian disalurkan ke pondasi untuk terus disalurkan ke tanah. Oleh sebab itu, pelat lantai harus kuat menerima beban.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukanuntuk membuat dak (pelat lantai) beton, yaitu:

1. Cor Konvensional
Membuat pelat latai dengan cara cor konvensional ini cenderung boros kayu untuk bekesting, memerlukan banyak besi, dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pengerjaanya.

2. Beton Pracetak 
Membuat pelat lantai dengan beton pracetak dapat menghemat beberapa hal, seperti waktu, tenaga dan bahan materialnya. Beton pracetak contohnya seperti beton ringan aerasi, beton berongga, keramik beton, pelat baja ringan.

 

Share
 

Banner