Dau Desain
Desain Rumah Minimalis PDF Print E-mail

Beberapa tahun belakangan ini, desain rumah minimalis telah menjadi tren di Jakarta. Jika kita perhatikan, di pameran-pameran real estate, iklan property di koran dan majalah, hampir semua pengembang perumahan mengusung tema rumah modern minimalis. Tren modern minimalis yang saat ini sedang berkembang di Jakarta hampir semuanya tidak sesuai dengan nafas minimalis yang sebenarnya, maksimalis yang berkedok minimalis yang hanya menggunakan bentuk geometrical saja dengan permainan garis-garis geometris atau bidang yang dengan sengaja digaris-garis. Selain itu, tren minimalis ini mencirikan bangunannya dengan penggunaan material-material “baru” dalam bangunan, seperti batu selagedang, batu candi, palimanan Bali dikombinasikan dengan diniding semen acian polos. Hal ini menambah kesalahpahaman makna dari minimalis dalam arsitektur Jakarta terutama bagi masyarakat yang awam.

Ketika kita mencari referensi desain rumah minimalis di internet,  baik rumah yang dibuat oleh sebuah biro arsitektur hingga yang ditawarkan oleh pengembang perumahan, saya melihatnya cenderung maksimalis dan bukan minimalis.

Sesuai dengan makna katanya, minimalisme adalah penggunaan bentuk, ruangan, material secukupnya atau seperlunya saja. Arsitektur minialisme ini banyak terinspirasi dari kebudayaan, kepercayaan, adat istiadat Jepang serta paham Zen yang berkembang di Jepang. Ada seorang arsitek berasal dari Jepang yang memiliki paham arsitektur minimalisini yaitu Tadao Ando. Arsitek yang satu ini pernah kuliah di Jurusan Arsitek Osaka Institute of Technology Junior College namun tidak sampai selesai. Great Ando adalah nama ring sewaktu menjadi petinju profesional. Uang hadiah dari bertinju dipakainya untuk mengembara ke Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia untuk mempelajari arsitektur dari Negara-negara yang dikunjunginya. Selain mengamati bangunan-bangunan dengan berkeliling di Jepang,  Ando juga mengamati bangunan-bangunan yang ada saat melakukan perjalan di luar Jepang.

Tadao Ando memiliki karya-karya yang menurut saya sangat bagus, walaupun arsitektur dipelajarinya dengan cara otodidak, tapi karyanya sangat indah secara estetika. Arsitektur Ando banyak memiliki ciri khas dengan permainan cahaya yang masuk kedalam bangunan, penggunaan beton ekspose tanpa finishing menurut saya justru memperlihatkan kesederhanan yang cantik.

Share
 

Banner